JOMBANGKAB_ Diskominfo – Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jombang sinergi dengan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jombang, Kepala Desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung mempromosikan Layanan yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang ada di Ruko Simpang Tiga Jombang melalui  dialog interaktif Warung Pojok Kebonrojo. Program ini selain ditayangkan di YouTube Jombangkab TV Official, juga ditayangkan di TV9. Pengambilan video kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, (20/8/2024) di Pasar Barongan, Dusun Sanan Timur Desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung, dihadiri Camat Mojoagung dan seluruh Kepala Desa di wilayah Mojoagung.

Acara yang dipandu oleh Ari (Giono), Sevi dan Dhian penyiar Radio Suara Jombang ini menghadirkan narasumber dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Jombang Joko Triono S.E.,  Anggota Komisi B - DPRD Jombang, Drs. M. Zubaidi M.Si., dan Henry Subagyo Fungsional Penata Ruang Dinas PUPR.

Dinas Kominfo Kabupaten Jombang sengaja mengambil tema ini agar masyarakat mengenal lebih dekat apa itu Mal Pelayanan Publik, lokasi, jam operasional, dan prosedur layanannya yang kini sudah beroperasi di Ruko Simpang Tiga, Jl. Presiden Gus Dur depan Undar Jombang.

Endro Wahyudi S.STP Kepala Dinas Kominfo, melalui Astika Cendhana Wangi S.STP., M.Si Kabid Humas Komunikasi Publik menyampaikan kegiatan dialog interaktif Warung Pojok kali ini selain mensosialisasikan sekaligus mempromosikan konsep, manfaat, serta layanan yang disediakan oleh Mal Pelayanan Publik kepada masyarakat dan pihak terkait, tempat sosialisasi ini juga sengaja dipilih di Pasar Barongan yang memiliki view tradisional. 

Disampaikan oleh Joko Triono S.E., Sekdin DPMPTSP bahwa MPP adalah inisiatif dari Pemerintah untuk menyatukan berbagai layanan publik dalam satu lokasi, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan pemerintahan, perizinan, dan administrasi secara lebih efisien. Jam layanan MPP Kabupaten Jombang, mulai jam 07.30 - 14.30 WIB.

"Kami berharap melalui Sosialisasi MPP pada program dialog interaktif Warung Pojok Kebon Rojo ini masyarakat mengenal dan paham bagaimana layanan di MPP, layanan apa saja yang tersedia, dan bagaimana cara memanfaatkan fasilitas tersebut.  Sehingga mampu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk aktif menggunakan layanan yang ada di MPP", tutur Joko Triono yang menjelaskan detil setiap pertanyaan yang diajukan oleh Host Warjok Kebon Rojo.

Beberapa pimpinan layanan pemilik gerai yang ada di MPP juga dilibatkan dalam dialog interaktif tersebut, seperti dari BPJS Ketenagakerjaan, BPN dan yang lainnya.

"Kegiatan sosialisasi ini penting agar MPP dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Jombang", tutur anggota DPRD M. Zubaidi mengapresiasi langkah yang telah dilakukan Pemkab Jombang.

"Mal Pelayanan Publik Kabupaten Jombang ini telah sesuai dengan harapan kita bersama yakni mengintegrasikan semua layanan, sehingga memudahkan masyarakat pengguna layanan", tandas M. Zubaidi.

"Sementara ini ada 12 gerai layanan. Selanjutnya Imigrasi juga Kepolisian juga akan membuka gerai layananya di MPP", tutur Joko Triyono, S.E., Sekretaris Dinas DPMPTSP.

Respon positif ditunjukkan oleh para Kepala Desa dan perangkat yang hadir. Menurut salah satu perwakilan Kades, bahwa dengan adanya MPP dinilai sangat meringankan dan memudahkan masyarakat mendapatkan layanan. Pihaknya akan meneruskan informasi ini kepada masyarakat dilingkungannya.