03 December 2022

Kominfo Goes To Pesantren

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jombang terus mensosialisasikan aplikasi SP4N-LAPOR kepada masyarakat khususnya ke Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Jombang. Kegiatan SP4N-LAPOR “Goes To Pesantren” diadakan di Pondok Pesantren Baitul Makmur Wonosalam – Jombang, Selasa (09/02/2021).

Kepala Bidang Kehumasan dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Jombang Aries Yuswantono saat sambutan mewakili Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jombang, Budi Winarno mengatakan, bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan sosialisasi aplikasi SP4N-LAPOR kepada para santri pondok pesantren yang ada di kabupaten jombang serta mempunyai target dan tujuan yaitu tersampaikannya informasi tentang saluran pengaduan melalui aplikasi SP4N-LAPOR di Kabupaten Jombang, “target kami dalam sosialisasi ini yaitu untuk memperkenalkan sp4n-lapor kepada generasi muda khususnya para santri yang ada di kabupaten jombang, karena menurut data bahwa pengguna aplikasi lapor berkisar pada usia 19 – 35 tahun” tandasnya.

Disampaikan pula bahwa salah satu tugas pemerintah adalah sebagai pelayan publik. untuk itu, pemerintah mempunyai kewajiban untuk meningkatkan pelayanan publik dengan cara mengelola pengaduan dengan sebaik – baiknya, “pengelolaan pengaduan melalui sp4n-lapor penting dilaksanakan untuk mewujudkan sistem pelayanan publik yang transparan, partisipatif, dan akuntable serta efisien karena laporan dari masyarakat tidak hanya terhubung di pemerintah jombang saja tapi juga terhubung dengan pemerintah pusat” Pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan materi yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Komiinfo Kabupaten Jombang, Samsul Huda, S.Sos, M.Si yang memaparkan terkait Apa itu SP4N-LAPOR, Bagaimana alur SP4N-LAPOR,cara melapor yang baik serta manfaat SP4N-LAPOR.

Disampaikan oleh narasumber bahwa saat ini pemerintah telah meluncurkan kanal /saluran pengaduan berbasis online yaitu aplikasi “lapor”. untuk itu, aduan masyarakat dapat dilakukan kapanpun dan caranya pun mudah sehingga mudah diakses khususnya bagi anak – anak muda. masyarakat tidak perlu datang langsung ke kantor pemerintah, cukup login melalui aplikasi lapor lalu mengisi aduan dan dapat mengirimkannya melalui sms ke 1708 atau langsung lewat aplikasi online lapor.

Dengan adanya kanal pengaduan ini diharapkan agar seluruh anak muda khususnya mampu menjadi agen perubahan untuk ikut bertanggungjawab akan kondisi lingkungan. dan tentunya bergerak bersama untuk membangun jombang lebih baik. Dipesankan juga oleh narasumber bahwa agar jangan takut melapor, karena identitas pelapor dijamin akan dirahasiakan. sekali lagi mari bersama -sama ikut mengawasi pelayanan publik di kabupaten jombang, berani melapor untuk pelayanan publik lebih baik, pungkasnya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *