20 May 2019

Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Dinas Komunikasi dan Informatika di bidang infrastruktur, keamanan informasi dan telekomunikasi, serta pengelolaan data dan integrasi sistem informasi.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Telematika, mempunyai fungsi:

  1. Perumusan kebijakan di bidang infrastruktur, keamanan informasi dan telekomunikasi serta pengelolaan data dan integrasi sistem informasi;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang infrastruktur, keamanan informasi dan telekomunikasi serta pengelolaan data dan integrasi sistem informasi;
  3. Penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang infrastruktur, keamanan informasi dan telekomunikasi serta pengelolaan data dan integrasi sistem informasi;
  4. Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang infrastruktur, keamanan informasi dan telekomunikasi serta pengelolaan data dan integrasi sistem informasi;
  5. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang infrastruktur, keamanan informasi dan telekomunikasi serta pengelolaan data dan integrasi sistem informasi; dan
  6. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

Seksi Infrastruktur, Keamanan Informasi dan Telekomunikasi, mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan untuk perumusan kebijakan di bidang layanan infrastruktur dasar, Data Center, Disaster Recovery Center dan  teknologi informasi komputer, layanan pengembangan intranet dan penggunaan akses  internet, serta keamanan informasi dan telekomunikasi;
  2. Menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang layanan infrastruktur dasar, Data Center, Disaster Recovery Center dan  teknologi informasi komputer, layanan  pengembangan intranet dan penggunaan akses  internet, serta keamanan informasi dan telekomunikasi;
  3. Menyelenggarakan layanan pengembangan dan penyelenggaraan Data Center (DC) dan Disaster Recovery Center (DRC);
  4. Menyelenggarakan layanan pengembangan dan inovasi teknologi informasi komputer dalam implementasi e-Government;
  5. Menyelenggarakan pengelolaan akses internet pemerintah dan publik; interkoneksi Jaringan Intra Pemerintah, serta serta filterisasi terhadap konten negatif;
  6. Melaksanakan monitoring trafik elektronik, dan layanan penanganan insiden keamanan  informasi;
  7. Menyelenggarakan layanan keamanan informasi pada Sistem  Elektronik  Pemerintah  Daerah;
  8. Melaksanakan audit teknologi informasi dan komunikasi, serta penyelenggaraan internet sehat, kreatif, inovatif dan produktif;
  9. Menyelenggarakan penyediaan prasarana dan sarana komunikasi pemerintah;
  10. Melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis dalam pengelolaan infrastruktur dan teknologi  informatika, Government  Cloud  Computing, serta keamanan informasi;
  11. Menyelenggarakan layanan bimbingan teknis dalam pemanfaatan sistem  komunikasi oleh aparatur pemerintah;
  12. Melaksanakan pengendalian dan pengawasan terhadap penggunaan frekuensi sinyal transmiter, spektrum radio dan orbit satelit;
  13. Mengirim, menerima dan menyampaikan berita sandi dan telekomunikasi dari dan untuk lembaga atau pimpinan instansi terkait;
  14. Membina, mengembangkan dan memelihara alat-alat sandi dan telekomunikasi sesuai kebutuhan Pemerintah Daerah;
  15. Melaksanakan monitoring dan evaluasi di bidang infrastruktur, keamanan informasi dan komunikasi; dan
  16. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Seksi Pengelolaan Data dan Integrasi Sistem Informasi, mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan untuk perumusan kebijakan di bidang manajemen data informasi e-Government, serta integrasi layanan publik dan kepemerintahan;
  2. Menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang manajemen data informasi e-Government, serta integrasi layanan publik dan kepemerintahan;
  3. Menyelenggarakan layanan penetapan standar format data dan informasi, wali data dan kebijakan;
  4. Menyelenggarakan layanan manajemen data informasi e-Government, serta layanan recovery data dan informasi;
  5. Melaksanakan pengelolaan data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan;
  6. Melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis dalam pemanfaatan Sistem Informasi Pemerintahan dan Sistem Informasi Publik;
  7. Menyelenggarakan layanan interoperabilitas, serta layanan interkonektivitas layanan publik dan kepemerintahan;
  8. Menyelenggarakan layanan pusat Application Programe Interface (API) daerah;
  9. Melaksakanan monitoring dan evaluasi di bidang pengelolaan data dan integrasi sistem informasi; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.