20 May 2019

Bidang Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik

Kepala Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik

Prasetyo Widodo, S.H.,M.Si

Bidang Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Dinas Komunikasi dan Informatika di bidang pengelolaan komunikasi publik dan pengelolaan informasi publik.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik, mempunyai fungsi:

  1. Perumusan kebijakan di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan  pengelolaan media komunikasi publik,  penguatan  kapasitas sumber daya komunikasi publik,  penyediaan akses informasi, pengelolaan opini  dan aspirasi publik, pengelolaan  informasi  untuk mendukung kebijakan nasional dan daerah,serta pelayanan informasi publik;
  2. Pelaksanaan kebijakan  di  bidang penyediaan konten lintas sektoral dan  pengelolaan media komunikasi publik,  penguatan  kapasitas sumber daya komunikasi publik,  penyediaan akses informasi, pengelolaan opini  dan aspirasi publik, pengelolaan  informasi  untuk mendukung kebijakan nasional dan daerah, serta pelayanan informasi publik;
  3. Penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik,  penguatan  kapasitas sumber daya komunikasi publik,  penyediaan akses informasi, pengelolaan opini  dan aspirasi publik, pengelolaan  informasi  untuk mendukung kebijakan nasional dan daerah,serta pelayanan informasi publik;
  4. Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik,  penyediaan akses informasi, pengelolaan opini dan aspirasi publik, pengelolaan informasi  untuk mendukung kebijakan nasional dan daerah,serta pelayanan informasi publik;
  5. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang penyediaan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik,  penguatan  kapasitas sumber daya komunikasi publik,  penyediaan akses informasi, pengelolaan opini  dan aspirasi publik, pengelolaan  informasi  untuk mendukung kebijakan nasional dan daerah,serta pelayanan informasi publik; dan
  6. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika

 

Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik, mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan dalam rangka perumusan kebijakan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik, dan pengelolaan komunikasi publik;
  2. Melaksanakan pembinaan dan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik;
  3. Menyelenggarakan layanan monitoring isu publik di media (media massa dan sosial) dan pengumpulan pendapat umum (survei, jajak pendapat);
  4. Melaksanakan pengelolaan opini dan aspirasi publik serta pengolahan aduan masyarakat;
  5. Menyelenggarakan layanan pemantauan tema komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional  dan daerah;
  6. Melaksanakan pengelolaan saluran komunikasi milik daerah/ media internal;
  7. Melaksanakan pengolahan dan analisis data informasi untuk mendukung komunikasi publik lintas sektoral  lingkup nasional dan daerah;
  8. Menyusun pedoman teknis dan standar operasional prosedur di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik, dan pengelolaan komunikasi publik;
  9. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang pengelolaan opini dan aspirasi publik, dan pengelolaan komunikasi publik; dan
  10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik.

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik

Mokh.Rodi,S.Sos.

Seksi Pengelolaan Informasi Publik, mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan bahan dalam rangka perumusan kebijakan di bidang penyediaan konten lintas sektoral, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan daerah, serta pelayanan informasi publik;
  2. Menyelenggarakan layanan perencanaan informasi publik dan citra positif pemerintah daerah;
  3. Melaksanakan pengemasan ulang konten nasional menjadi konten lokal, serta pembuatan konten lokal;
  4. Melaksanakan diseminasi informasi kebijakan melalui media pemerintah daerah dan non pemerintah daerah;
  5. Menyelenggarakan layanan pemberdayaan dan penyediaan akses  informasi;
  6. Melaksanakan pembinaan, pemberian bimbingan teknis, dan supervisi di bidang penyediaan konten lintas sektoral, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan daerah serta pelayanan informasi publik;
  7. Menyusun pedoman teknis dan standar operasional prosedur di bidang penyediaan konten lintas sektoral, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan daerah serta pelayanan informasi publik;
  8. Melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang penyediaan konten lintas sektoral, pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan daerah serta pelayanan informasi publik; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik.