20 May 2019

Bidang Layanan e-Government

Kepala e-Government

Wiku Birawa Filipe Dias Quintas,S.STP,.M.Si

Tupoksi :

Bidang Layanan e-Government mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Dinas Komunikasi dan Informatika di bidang pengembangan aplikasi, ekosistem, dan tata kelola e-Government.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Layanan e-Government, mempunyai fungsi:

  1. Perumusan kebijakan di bidang pengembangan aplikasi, ekosistem dan tata kelola e-Government;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang pengembangan aplikasi, ekosistem dan tata kelola e-Government;
  3. Penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pengembangan aplikasi, ekosistem dan tata kelola e-Government;
  4. Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pengembangan aplikasi, ekosistem dan tata kelola e-Government;
  5. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan aplikasi, ekosistem dan tata kelola e-Government; dan
  6. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika.

Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi dan Ekosistem e-Government

Vika Wardatul Wahdah, S.Sos

Seksi Pengembangan Aplikasi dan Ekosistem e-Government, mempunyai tugas :

  1. Menyiapkan bahan untuk perumusan kebijakan di bidang pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik, dan penunjang yang terintegrasi, serta pengembangan ekosistem e-Government;
  2. Menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik, dan penunjang yang terintegrasi serta pengembangan ekosistem e-Government;
  3. Menyusun rencana kebutuhan sistem aplikasi;
  4. Melaksanakan kerjasama, rekayasa, pembuatan, pengembangan dan pemeliharaan sistem aplikasi pemerintah dan pelayanan publik yang terintegrasi;
  5. Menyusun standarisasi sistem aplikasi;
  6. Menyelenggarakan layanan pengembangan Business Process Re-engineering pelayanan di lingkungan pemerintahan dan non pemerintah (Stakeholder Smart City);
  7. Menyelenggarakan layanan Sistem  Informasi  Smart  City, layanan interaktif pemerintah dan masyarakat, serta penyediaan sarana  dan  sarana  pengendalian  Smart City;
  8. Melaksanakan pengelolaan domain dan sub domain pemerintah yang meliputi pengelolaan domain dan sub domain pemerintah daerah, pendaftaran nama domain dan sub domain instansi penyelenggara negara bagi  kepentingan kelembagaan, pelayanan publik dan kegiatan pemerintahan, menetapkan sub domain  terhadap domain yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, menetapkan  dan  mengubah  nama  pejabat domain, menetapkan dan mengubah nama domain dan sub domain, serta menetapkan tata  kelola  nama domain dan sub domain;
  9. Melaksanakan pembinan dan bimbingan teknis dalam pengelolaan domain, portal dan website;
  10. Melaksakanan monitoring dan evaluasi di bidang pengembangan aplikasi dan ekosistem e-Government; dan
  11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Layanan e-Government.

Kepala Seksi Tata Kelola e-Government

M.Jazulli

Seksi Tata Kelola e-Government, mempunyai tugas:

  1. Menyiapkan bahan untuk perumusan kebijakan di bidang penyelenggaraan e-Government pemerintah daerah, Government Chief Information Officer (GCIO) serta pengembangan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi pemerintah daerah;
  2. Menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria di bidang penyelenggaraan e-Government pemerintah daerah, Government Chief Information Officer (GCIO) serta pengembangan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi pemerintah daerah;
  3. Melaksanakan koordinasi kerja sama lintas organisasi perangkat daerah, lintas pemerintah daerah dan pusat serta non pemerintah;
  4. Melaksanakan integrasi pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi, dan e-Government pemerintah daerah;
  5. Melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis layanan peningkatan kapasitas aparatur dan sertifikasi teknis bidang  teknologi informasi dan komunikasi;
  6. Melaksanakan pembinaan dan bimbingan teknis layanan peningkatan kapasitas masyarakat dalam implementasi e-Government dan Smart City;
  7. Melaksanakan promosi pemanfaatan layanan Smart City;
  8. Melaksakanan monitoring dan evaluasi di bidang penyelenggaraan e-Government pemerintah daerah, Government Chief Information Officer (GCIO) serta pengembangan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi pemerintah daerah; dan
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Layanan e-Government.